Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer        

Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
Artikel ini tidak dapat dicopy secara langsung, apabila sobat membutuhkannya dapat download materi ini dalam format file MS Word, download di sini
RISWAN.NET - Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer, Halo sobat Riswan Net, kali ini saya akan mebahas salah satu materi pelajaran SMK jurusan Jaringan Komputer yaitu mengenai Topologi Jaringan Komputer. Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer? Dan apa saja macam-macam jenis topologi jaringan komputer, Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Apakah yang dimaksud dengan topologi pada jaringan komputer? Topologi jaringan Komputer merupakan hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu link, node dan station. Topologi Jaringan Komputer juga biasa diartikean sebagai suatu cara atau konsep untuk membuat beberapa komputer menjadi terhubung dalam satu jaringan..

Baca Juga: Cara Transfer Atau Copy File dari Komputer ke RDP

Pengertian lain dari Topologi jaringan komputer ialah merupakan sebuah konsep atau cara yang dilakukan untuk menghubungkan banyak komputer sekaligus menjadi sebuah jaringan yang saling memiliki koneksi antara satu dengan yang lain. Topologi jaringan komputer ini  memilik beberapa macam jenis dan setiap jenis ini memiliki kecepatan pengiriman data, kemudahan dalam proses maintenance serta biaya pembuatan yang berbeda-beda.

Macam-Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

Setelah kita membahas mengenai Pengertian Topologi Jaringan Komputer, kita akan membahs macam-macam jenis topologi. Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi jaringan Topologi mempunyai banyak jenisnya, tapi setidaknya terdapat lima macam topologi jaringan komputer yang umum dan sering digunakan, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Topologi Ring

Tipologi Ring

Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.

Kelebihan  dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

2. Topologi Bus

Tipologi Bus

Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.

3. Topologi Star

Topologi Star

Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
topologi jaringan komputer

Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi.

Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.

4. Topologi Mesh / Jala

Topologi Mesh

Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.

Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.

 5. Topologi Tree

Topologi Tree

Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis topologi yang tidak saya sebutkan, tetapi itulah beberapa jenis topologi yang sering digunakan dan paling populer, setiap topologi memiliki perbedaan sesuai dengan kebutuhan, jadi silahkan sobat pilih salah satu topologi jaringan komputer yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan sobat.

Baca Juga: Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?

Demikian artikel mengenai Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer, semoga dapat bermanfaat bagi sobat, artikel ini dapat dijadikan sumber referensi tugas di sekolah atau untuk pengetahuan umum sobat. Terima Kasih.

Meski Uang Dapat Membuatmu Bahagia, Bukan Berarti Kamu Bisa Membeli Segalanya

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.