Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru        

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru
RISWAN.NETCara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru, Perangkat laptop atau komputer yang sobat miliki pasti memiliki banyak aplikasi atau software yang sudah terinstal, baik itu aplikasi untuk bermain game, entertaiment, aplikasi editing atau aplikasi untuk mennjang kebutuhan kerja sobat.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10

Tapi ada kalanya kita tidak membutuhkan lagi aplikasi pada perangkat komputer kita, karena sudah bosan atau ada aplikasi lain yang lebih bagus, oleh karenanya kita dapat menghapus atau uninstall aplikasi di Windows yang tidak dibutuhkan lagi.

Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan juga dapat sobat lakukan ketika windows atau kompuetr memiliki resource yang terbatas, seperti kapasitas harddisk yang penuh dan RAM yang tidak memadai, dengan uninstall aplikasii atau software tertentu dapat membantu mengoptimalkan kinerja komputer.

Baca Juga: Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Lalu bagaimana cara uninstall aplikasi atau software pada windows? Pada umumnya uninstall aplikasi pada windows harus melewati beberapa langkah, tapi pada windows 10 untuk uninstall aplikasi atau software menjadi lebih mudah.

Yuk simak bagaimana cara uninstall aplikasi atau software pada windows 10 yang telah saya rangkum menjadi empat cara di bawah ini:

1. Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Cara yang pertama ini sangat mudah untuk dilakukan karena sobat dapat menghapus aplikasi ataupun program di Windows 10 secara langsung melalui menu Start. Caranya yaitu dengan mengarahkan pointer sobat ke pojok kiri bawah lalu klik ikon Start (logo Windows). Kemudian, pilih aplikasi yang ingin sobat uninstall dengan cara mencari nama aplikasi atau program tersebut pada kotak search.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Setelah sobat menemukan aplikasi atau program yang akan di-uninstal, klik kanan pada aplikasi atau program tersebut lalu pilih Uninstall dari menu dropdown yang muncul seperti pada gambar diatas..

2. Uninstall Aplikasi Melalui Apps & Features

Tidak kalah mudah dengan melalui Start Menu, pertama sobat ketikan Apps & Features pada pencarian di Windows, setelah ketemu silahkan sobat klik.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Setelah masuk ke jendela Apps & Features untuk menguninstal aplikasi, sobat cukup klik pada aplikasi yang akan di-uninstal kemudian klik tombol Uninstall seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Kemudian tunggu sampai proses uninstall selesai, cukup mudah bukan?

3. Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Cara kedua, sobat dapat uninstall aplaikasi melalui control panel, dari kedua cara diatas, memang, uninstall aplikasi windows melalui Control Panel tidak sesingkat kedua cara diatas, tapi saya pastikan tetap mudah untuk melakukannya. Berikut ini langkah-langkah uninstall aplikasi atau program melalui control panel.

Pertama silahkan sobat buka Control Panel, sobat dapat membuka melalui pencarian windows dan ketikan Control Panel, setelah control panel dibuka Klik Uninstall a program.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Maka sobat akan disuguhkan daftar aplikasi dan software yang terisntall pada PC atau laptop sobat, untuk melakukan uninstall aplikasi, silahkan sobat pilih aplikasi yang akan diuninstall, Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik Uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Bagaimana uninstall aplikasi di windows melalui Control Panel cukup mudah juga bukan? Uninstall aplikasi melalui control panel juga dapat diakukan pada Windows 8, Windows 7 dan versi sebelumnya.

4. Uninstall Aplikasi Melalui Pihak Ketiga

Cara yang terakhir sobat bisa menggunakan bantuan software pihak ke-3. Disini saya menggunakan CCleaner untuk uninstall aplikasi

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru

Dari keempat cara di atas sobat dapat memilih cara uninstall aplikasi pada Windows yang menurut sobat lebih mudah dipraktekan.

Baca Juga: Apa Itu Run As Administrator pada Windows? Dan Apa Fungsinya

Demikianlah artikel mengenai Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru, semoga dengan membaca artikel ini sobat menjadi tahu bagaimana cara mudah uninstall aplikasi atau software pada Windows 10.

Meski Uang Dapat Membuatmu Bahagia, Bukan Berarti Kamu Bisa Membeli Segalanya

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.