Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?        

Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?
RISWAN.NETApa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?, Mungkin sobat pernah menjumpai sebuah program yang saat sobat jalankan memberikan pesan error seperti “Access Denied”? Jika iya, maka artinya Windows telah membatasi hak akses program tersebut yang sebenarnya ingin berusaha mengubah sistem pada windwos, tapi tidak memiliki sertifikat signature yang valid.

Agar program tersebut dapat berjalan sebagaimana fungsinya, maka sobat sebagai administrator / admin komputer harus memberinya "izin" penuh terlebih dahulu melalui perintah Run as Administrator. Lalu apa yang dimaksud dengan Run as Administrator itu? Nah, pada artikel kali ini admin akan membahas secara singkat mengenai Run as administrator pada Windows.

Pengertian Run as Administrator

Pada versi Windows yang pertama diluncurkan sampai versi saat ini, terdapat sebuah fitur keamanan yang membuat sebuah program terbatasi akses dan aktivitasnya supaya tidak dapat mengubah sistem windows. Hal ini membuat sebuah program harus dijalankan dalam mode administrator melalui perintah Run as administrator agar progran tersebut mempunyai akses penuh dan bisa mengubah sistem yang berlaku.

Run as administrator adalah sebuah fitur keamanan pada Windows yang dapat dimisalkan sebagai sebuah "surat izin" dari pemilik komputer sebagai administrator untuk mengizinkan sebuah program yang ingin mengubah sistem. Jadi, ketika sobat menjalankan sebuah program melalui perintah Run as administrator maka program tersebut memiliki akses penuh untuk mengubah sistem pada windows.

Baca Juga: Cara Memperkecil File MP3 Tanpa Mengurangi Kualitas

Namun perlu diperhatikan, tidak semua program memerlukan untuk merubah sistem, sehingga tidak semua program harus dijalankan melalui dengan mode perintah Run as Administrator. Pastikan juga sobat hanya menjalankan perintah Run as Administrator pada program yang sudah terpercaya saja dan bukan program yang dapat merukas sistem seperti program yang mengandung virus dan malware.

Oleh karena nya terdapat dua cara pengoperasian program dengan perintah Administrator, yang pertama Menjalankan Program Dalam Mode administrator Sementara dan kedua Menjalankan Program Dalam Mode administrator Sementara. Simak di bawah ini penjelasannya.

1. Run as Administrator Sementara

Mode administrator sementara disini artinya program akan berjalan dalam mode administrator hingga sobat menutup program tersebut. Ada dua cara menjalankan program dalam mode administrator sementara.

Tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift saat membuka program, jika muncul window User Account Control (UAC) tekan Yes. Dan cara kedua dengan melakukan klik kanan pada program lalu pilih Run as Administrator.

2. Run as Administrator Permanen

Mode administrator permanen artinya program akan selalu berjalan secara administrator setiap kali sobat mengoperasikan program tersebut, untuk caranya simak di bawah ini:

Pertama klik kanan pada program atau boleh juga shortcut program yang akan sobat berikan full administrator, kemudian klik kanan >> lalu pilih Properties.

Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?

Pilih tab Compatibility, pada bagian bawah beri centang Run this program as an administrator. Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.

Apa Itu Run as Administrator Pada Windows? Dan Apa Fungsinya?

Selesai sampai sini sobat sudah memberikan akses penuh pada software atau program.

Prnsip Dasar Run as Administrator

Prinsip dasar dari Run as Administrator sangatlah simpel dan mudah dipahami, ketika kita masuk ke Windows, Windows akan membuat access token. Token ini digunakan untuk mengidentifikasi Privilige, seperti administrator, user, guest. Administrator adalah privilige tertinggi dan biasa digunakan oleh orang yang memiliki PC, sedangkan user dan guest biasanya mode untuk orang lain, seperti pada komputer client di warnet.

Beberapa aplikasi membutuhkan access token yang dimiliki administrator tersebut untuk melakukan fungsi atau tugasnya. Ketika program dijalankan maka Dialog User Account Control (UAC) akan muncul untuk meminta perizinan aplikasi memakai access token administrator secara penuh.

Seperti namanya run as administrator hanya bisa dilakukan oleh user yang mendapatkan privilige tertinggi yaitu Administrator. Jika privilige user bukan administrator, maka kita akan diminta untuk memasukkan password Administrator (apabila dipassword).

Baca Juga: Cara Membuat Shortcut URL Website Pada Windows

Sekarang sudah mengerti kan penegrtian dari Run as Administrator serta fungsinya pada windows? Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan fungsi Run as administrator. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik.

Meski Uang Dapat Membuatmu Bahagia, Bukan Berarti Kamu Bisa Membeli Segalanya

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.