Perbedaan Kualitas Video SD dan HD

Perbedaan kualitas Video SD dan HD - riswan.net

Perbedaan kualitas Video SD dan HD - Sekarang video merupakan salah satu hasil dari teknologi, video merupakan rangkaian beberapa frame gambar yang bergerak dengan cepat. Video berfungi sebagai penyimpanan digital, media komunikasi dan masih banyak salah satu manfaat dari video yaitu sebagai media hiburan baik itu film atau game.

Terdapat dua jenis video apabila dibedakan dari perekaman signal magnetik, yaitu video analog dan video digital dibeda, ada juga perbedaan yang dapat diihat dari format file penyimpanannya, seperti Avi. Mov atau MPEG. Dan video memeliki beberapa tingkatan kualitas mengacu dari resolusi, ketajaman warna, pixel dan aspek lainnya.

Saat ini terdapat beberapa kualitas video seperti SD, HD, Full HD, Ultra HD dan 4K Video, Mungkin banyak yang bertanya apa iyu SD dan HD? Perbedaan HD dan Bluray? Perbedaan kualitas video SD dan HD? Nah pada artikel kali ini saya akan membahas perbedaan antara kualitas video SD dan HD terlebih dahulu. Dan yang lainnya insya Allah akan saya urai di postingan selanjutnya.

Perbedaan kualitas Video SD dan HD

Berikut saya urai perbedaan kualitas video SD dan HD, mari simak di bawah ini:

1.  Video SD (Standard Definition)

Standard Definiton Video merupakan urutan yang paling rendah dari deretan kualitas rekaman video lainnya.  Video SD memiliki kualitas gambar 480p, video jenis ini dapat direkam oleh rata-rata kamera. Video jenis ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 720 x 480 x 30 fps (Frame per Second), resolusi yang sudah jarang ditemukan pada zaman ini. Monitor atau TV yang dapat menampilkan kualitas ini disebut SDTV.

Akibat dari resolusi gambar yang bisa dibilang kecil, video yang tampil memiliki ketajaman warna yang kurang. Oleh karena nya video dengan kualitas SD memiliki ukuran file lebih ringan dibanding vide dengan kualitas di atasnya.

2.  Video HD (High Definition)

High Definition Video atau biasa disebut HD Video merupakan kualitas video yang lebih tinggi satu tingkat dibandingkan SD Video. HD video memiliki kualitas gambar diatas 480p atau 720p. Jenis video ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 1.280 x 720 pixels x 30 fps (Frame per Second). Saat ini keumuman orang menggunakan monitor atau TV dengan resolusi HD.

Adapun monitor atau TV yang dapat menampilkan HD Video disebut HDTV. Kualitas video HD juga meiliki ukuran file yang lebih besar dibanding dengan video SD karena resolusi yang lebih tinggi dan frame yang lebih bagus.

Perlu diketahui juga monitor dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan jenis videonya akan tetap dapat memutar video tersebut. Namun tidak dapat ditampilkan dengan tayangan full screen. Jika ditampilkan dengan full screen maka gambar yang ditampilkan akan pecah.

Kesimpulan dari artikel di atas mengenai Perbedaan Kualitas Video SD dan HD, yaitu video dengan kwalitas HD lebih bagus dibanding video kualitas SD, karena HD menawarkan resolusi yang pas dan ketajaman warna yang bagus. Saat ini juga sudah jarang orang menyimpan video dalam kualitas SD, keumuman memilih HD atau yang lebih tinggi, seperti Full HD, Ultra HD atau 4K Video.

Saya akan bahas kualitas video lainnya seperti bluray, Full HD, UHD atau 4K Video pada postingan selanjutnya, semoga postingan ini "Perbedaan Kualitas Video SD dan HD" bermanfaat bagi sobat.

Seorang hamba Allah yang dan orang biasa yang ingin menjadi orang luar biasa. Menekuni dunia komputer, blogger dan manajemen

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon