Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Pada situs berplatform WordPress ketika sobat dalama keadaan login maka secara otomatis wordpress akan menampilkan menu toolbar di bagian atas halaman situs WordPress sobat. Menu toolbar admin ini akan tampil baik saat sobat sedang di bagian dashboard WordPress atau pada halaman situs anda.

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Riswan.net

Bagi para developer WordPress atau pengguna WordPress siapa saja, menu admin toolbar yang tampil di top/atas situs dapat sedikit mengganggu dan juga mengganggu penampilan desain situs, terutama jika anda mengedit CSS style situs. Dan bagi saya sendiri tollbar admin ini sangatlah mengganggu.

Dan pada artikel ini saya akan berbagi cara untuk menghapus dan menyembunyikan Admin Toolbar dari bagian front-end situs Anda. Saya akan memberikan panduan dengan dua cara, yaitu Anda dapat menghilangkan toolbar dari pengaturan WordPress melalui admin dan juga dengan menambahkan sedikit code pada functions.php.

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress


1. Menghilangkan Toolbar Admin Wordpress melalui Setelan Pengguna


Untuk menghapus, menghilangkan dan menyembunyikan menu toolbar dari bagian depan situs WordPress Anda, Silahkan login ke admin panel sobat kemudian pilih menu Users/Pengguna  » Your Profile/Profil Anda. Scroll ke bawah dan temukan bagian “Toolbar” atau "Bilah Perkakas" dan hilangkan centang pada “Show Toolbar when viewing site / Tampilkan Baris Perkakas ketika mengunjungi situs.".

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Riswan.net

Dan setelah itu silahkan untuk menyimpang pengaturan yang baru saja Anda rubah dengan klik tombol “Update Profile”. Selanjutnya lihat situs sobat di bagian Front End atau bagian depan, maka sudah tidak menampilkan menu toolbar lagi dibagian atas dari situs Anda. Sementara toolbar tidak akan lagi ditampilkan pada front-end situs Anda, tapi akan tetap muncul di bagian backend dari situs Anda, karena untuk bagian back-end menu toolbar ini terkadang diperlukan.

2. Menghilangkan Toolbar Admin Wordpress dengan PHP


Cara yang kedua untuk menyembunyikan toolbar admin pada wordpress adalah dengan menambahkan satu baris kode pada template tema.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Tampilan » Editor dan cari file functions.php kemudian tambahkan kode berikut:

add_filter('show_admin_bar', '__return_false');

Setelah selesai, klik tombol Perbarui Berkas dan reload website kamu untuk melihat hasil perubahannya. Untuk menampilkannya kembali, ulangi cara di atas dan hapus kode tersebut.

Dan itulah dua cara mudah yang dapat sobat praktekkan untuk menghilangkan atau menghapus navbar atau admin toolbar di WordPress. Sobat dapat gunakan salah satu cara di atas yang menurut sobat mudah, selamat mencoba semoga berhasil.

Seorang hamba Allah yang dan orang biasa yang ingin menjadi orang luar biasa. Menekuni dunia komputer, blogger dan manajemen

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.