WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis        

WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis

WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - Melihat perkembangan bisnis yang sangat segnifikan apalagi dikalangan anak muda, kini WhatsApps telah merilis aplikasi WhatsApp for Business, yang dimana aplikasi ini diperuntukan bagi para pelaku bisnis seperti UMK (Usaha Kecil Menengah) maupun Perusahaan yang tergolong dalam skala besar. Dan WhatsApps Business juga sangat cocok bagi anda yang melakukan bisnis online atau penjualan produk secara online.

Hal ini dikarenakan WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang menggunakan layanan internet dan tanpa adanya batasan pesan. Selain itu, WhatsApp juga bisa melakukan panggilan cepat ke sesama pengguna. Karena itu, dapat diprediksikan dengan adanya dukungan aplikasi WhatsApp Business untuk para pebisnis, WhatsApp akan semakin populer, bukan?

WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

Menurut hasil penelitian comccore mengenai penggunaan aplikasi WhatsApp di Indonesia berdasarkan data bulan Januari 2017 bahwa aplikasi WhatsApp menempati urutan pertama dalam aplikasi pesan instan dengan jumlah 35,8 juta orang pengguna. Artinya, aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer nomor satu di Indonesia.

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam memasarkan produk dan berkomunikasi dengan konsumen, baik pebisnis usaha kecil yang bergerak dibidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) maupun perusahaan besar. Pihak WhatsApp berpedoman pada pengguna WhatsApp yang tidak hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi untuk menyalurkan bisnis yang mereka miliki ke seluruh konsumen atau pengguna lainnya. Dibilang WhatsApp Business karena diperuntukan bagi para pelaku bisnis dan juga dilengkapi fitur-fitur yang mendukung dalam kegiatan bisnis.

Perbedaan WhatsApp Messanger dengan WhatsApp Business

Mungkin sobat akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messanger pun dapat menjalin komunikasi kepada para pelanggan dan tidak perlu menggunakan WhatsApp Business. Dan perlu sobat ketahui, bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda. Apa saja perbedaannya? BerikutPerbedaan WhatsApp Messanger dengan WhatsApp Business:

1. Logo Aplikasi dan Tampilan


WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

Seperti yang sobat liat di atas, logo yang digunakan pada kedua aplikasi WhatsApp tersebut sangat berbeda. Pada WhatsApp Messanger, gambar logo berupa pegangan telepon, sedangkan pada aplikasi WhatsApp Business gambar pada logo salah yaitu huruf  "B" kapital. Selain itu perbedaan lainnya dapata sobat liat dari warna tema apliaski, WhatsApp Mesengger memiliki warna tema hijau sedangkan WhatsApp Business memiliki warna Tema Biru Dongker Muda.

2. Profil Aplikasi


WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

WhatsApp Business terdapat fitur profil bisnis yang bertujuan agar pelanggan lama ataupun baru mengetahui informasi tentang bisnis Anda, di antaranya deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website. Sementara WhatsApp Messanger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.

3. Nama Akun Pengguna


Pada WhatsApp Messanger pengguna dapat dengan mudah untuk mengubah nama akunnya tanpa adanya batasan waktu. Namun, Sobat tidak bisa melakukan hal serupa pada aplikasi WhatsApp Business karena nama akun tidak bisa diganti-ganti, sekali sobat buat nama, maka nama tersebut yang akan dipakai selamanya. Oleh karena itu, Sobat harus benar-benar dan memastikan nama sebelum menggunakannya.

4. Menggunakan Nomor Telepon Rumah atau Kantor


Perlu sobat ketahui pada aplikasi WhatsApp Business ini, selain menggunakan nomor ponsel, ternyata sobat juga dapat menggunakan nomor telepon rumah atau kantor. Namun, pihak WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor telepon dan harus menentukan nomor ponsel yang permanen.


5. Fitur Pesan Otomatis


WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pesan otomatis dan fitur ini tidak ada pada WhatsApp Messanger. Away messange, aktifkan fitur ini jika terdapat pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup maka dengan otomatis balasan pesan akan terkirim.

6. Fitur Salam dan Balas Cepat


Fitur Salam (Greeting message), Sobat dapat menggunakan fitur pesan otomatis ini kepada knsumen baru untuk menyambut sebagai sapaan awal. Selain itu, dengan fitur ini pemilik bisnis dapat menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada para pelanggan. Sobat dapat mengaktifkan fitur salam dan mengubah tekc defaultnya dengan pencet titik tiga vertikal >> Setelan Bisnis >> Salam

Fitur Balas Cepat (Quick replies), Sobat juga dapat membalas pesan masuk dengan pesan pernyataan kepada konsumen yang mengirimkan pesan. Sobat juga dapat mengubaha default Teks Balas Cepat sesuai kebutuhan

7. Statistik Pesan

WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

Sobat dapat melihat statistik pesan pada aplikasi WhatsApp Messanger, jumlah pesan yang terkirim, pesan yang tersampaikan, pesan yang dibaca juga pesan yang diterima. Dengan hadirnya fitur ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengetahui statistik pesan secara efektif.

8. Kategori Bisnis


Saat mengatur profil bisnis, sobat dapat Pada kolom profil di WhatsApp Business, sobat dapat memilih kategori bisnis sesua bisnis sobat. Jika kategori bisnis tidak ada yang sesuai, pilih others atau Lainnya., apabila kurang cocok bisa memilih Layanan Professional. Sementara pada WhatsApp Messanger, tidak terdapat fitur ini. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

9. Tanda Centang pada Akun Bisnis


Pada profil WhatsApp Business akan didapatkan tanda centang, yang berarti WhatsApp telah melakukan verifikasi pada akun bisnis melalui nomor telepon yang sudah didaftarkan. Jika nomor telepon yang dicantumkan adalah benar milik perusahaan, akun WhatsApp Business akan terverifikasi. Pihak WhatsApp Business akan memberikan tanda centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi. Pemberian centang hijau ini tidak diberlakukan di aplikasi WhatsApp Messanger.

10. Fitur Siaran


Berbeda dengan WhatsApp Messanger, pada WhatsApp Business sudah dilengkapi fitur siaran, yaitu fitur publikasi dimana sobat dapat memilih siapa saja yang dapat melihat apa yang sobat terbitkan atau siarkan, yang berarti hal ini bisa disebut fitur promosi ketiaka terdapat produk baru, selain itu dengan fitur siaran sobat dapat melakukan update informasi kepada konsumen.

11. Fitur Label (Pengelompokan Pesan)


WhatsApp Business, Aplikasi Tepat Bagi Para Pebisnis - www.riswan.net

Adanya fitur pengelompokan pesan sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pengelompokan pesan yang terdapat pada aplikasi ini, antara lain, Pesan Baru, menunggu bayaran, Terbayar, dan Pesan Selesai. Sobat juga dapat menambahkan label lainnya, sesuai kebutuhan sobat.

Manfaat WhatsApp Business bagi Pelaku Bisnis

Bagi pemain bisnis menggunakan akun bisnis WhatsApp Business sangatlah disarankan, karena dapat membuka peluang yang lebih besar pada bisnis yang Anda jalankan, baik UKM atau perusahaan besar, apalagi bagi anda pemain bisnis online atau yang berjualan secara online, WhatsApp Business sangatlah disarankan, Dengan fitur-fitur yang mendukung, pengguna dapat dengan mudah mengontrol bisnis serta konsumennya, mulai dari menjalin komunikasi lebih baik, mengatur jam kerja, mengkatagorikan setiap konsumen, serta dapat memudahkan pebisnis dalam mempromosikan produknya.

Meski Uang Dapat Membuatmu Bahagia, Bukan Berarti Kamu Bisa Membeli Segalanya

1 komentar so far

Artikelnya keren juga menarik sekali gan, x-)

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.