Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog dan Blogger

Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog dan Blogger - Artikel memang menjadi kunci utama sebuah blog atau website, artikel atau konten juga menjadi tolak ukur sebuah blog. Apabila sebuah blog kaya akan artikel, sering update dan konten di dalamnya bermanfaat, maka sudah bisa dipastikan blog tersebut disukai banyak orang juga disukai mesin telusur.

Tentu perlu usaha dan kemauan untuk mencapai keduanya, salah satu caranya adalah rutin update artikel. Dengan rutin update artikel sobat akan dapat banyak keuntungan, karena hal ini merupakan inti pekerjaan dari seorang blogger. Tidak harus banyak, tidak harus setiap hari, minimal seminggu satu artikel sobat publish. Dan yang terpenting adalah rutin, bukan sering.

Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog dan Blogger
Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari rutin update, selain dapat menarik pengunjung ke blog, blog kita juga akan mendapatkan kedudukan tinggi di serp, google tidak akan menilai blog kita blog kadaluarsa, sehingga layak untuk tampil di page one.

Tetapi rutin update artikel bagi seorang blogger tentu saja bukan hal yang mudah dilakukan. Bahkan dijadikan tuntutan, rintangan demi rintangan harus dilewati untuk bisa rutin update. Bahkan sebagian blogger kesulitan dalam menetukan judul artikel. Dibutuhkan ide serta kreatifitas dalam membuat sebuah artikel.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado

Akhirnya hal ini menjadi permasalahan baru, apalagi blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogger (seperti saya) akan menjadikan hal ini sebagai problem yang berat.

Sebagai dampak dari ketidakberhasilan seorang blogger untuk bisa update artikel secara rutin menjadikan sebagian besar blogger melakukan tindakan yang tidak benar. Dan sangat disayangkan, demi memperkaya blog dengan konten berkualitas sebagian blogger memilih untuk melakukan copy paste artikel dari blog lain.

Padahal kita ketahui bahwa copy paste artikel orang lain sama halnya dengan mencuri ide, pemikiran orang lain, mereka seenaknya menyalin hasil karya orang lain kemudian mempublikasikan ulang di blog mereka. Sangat memalukan dan hendaknya blogger seperti ini sadar, karena dengan copy psate artikel dari blog lain tidak akan melatih kita untuk menjadi blogger yang sukses.

Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog dan Blogger

Sobat tentu saja akan merasa senang ketika copy paste artikel orang, karena betapa mudahnya membuat artikel kemudian mempulikasikannya, hanya menyali kemudian paste dan terbitkan. Dan di atas itu ternyata ada google, google tahu mana konten yang asli dan mana konten hasil copy paste, google tahu konten mana yang terlebih dahulu diterbitkan. Karena blogger sendiri milik google.

Dan hasilnya banyak blog yang dihapus oleh gogle karena blog tersebut menyalahi kebijakan dan peraturan google.

Mungkin setelah satu kali dua kali copy paste artikel sobat tidak akan merasakannya, tetapi apabila kegiatan copy paste artikel menjadi suatu kebutuhan dasar dalam mengelola blog, maka dapat dipastikan hal tersebut berdampak buruk bagi blog juga pemilik blognya.

Lalu apa saja dambak bburuk dari copy paste artikel bagi blog dan blogger? berikut saya ulas beberapa dampak buruk dari copy paste artikel bagi blog dan blogger:

Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog

1. Anjloknya rangking blog di SERP

Yang pertama adalah turunnya rangking blog di SERP (Search Engine Result Page). Hal ini merupakan dampak yang lumayan fatal bagi blog yang suka copy paste. Kenapa fatal? Ini dikarenakan artikel blog memiliki peluang yang sempit untuk muncul di halaman awal, yang disebaban oleh turunnya peringkat blog di mesin pencari.

Mungkin pada awalnya blog masih muncul di halaman awal atau kedua, tetapi apabila praktik copy paste artikel terus berlanjut, maka jangan harap artikel blog sobat untuk masuk di hasil pencarian, bahkan google pun tidak melirik blog sobat sekalipun.

Saat ini juga google terus melakukan perbaikan dan pembaharuan algoritma mesin telusur yang semakin baik, dengan demikian tidak akan ada lagi peluang bagi blog hasil copy paste untuk muncul di page one, bahkan di hasil pencarian.

2. Visitor tidak akan loyal

Salah satu tujuan dibangunnya blog adalah mendapatkan visitor yang mengunjungi blog kita dan membaca apa yang kita tuliskan. Tujuan visitor mengunjungi blog adalah mendapatkan apa yang mereka cari, tentunya apa yang pengunjung cari adalah konten yang berkualitas juga original. Lantas apa yang akan dijadikan alasan bagi pengunjung dikala apa yang mereka cari adalah artikel hasil copy paste atau jiplakan.

Apalagi sampai pengunjung tahu kalau artikel di blog sobat hasil copy paste dari blog lain. Bukannya mendapatkan visitor loyal, tapi visitor malah kecewa dengan blog sobat. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan blog sobat.

3. Blog rawan dihapus oleh Google

Khususnya bagi pengguna blogger, copy paste artikel dari blog lain untuk memperkaya konten dalam blog sangatlah bahaya. Google sangat tahu mana konten yang asli mana konten duplikasi, apalagi sekarang, google telah memperbaharui serta memperbaiki algoritma mesin telusurnya. Tentunya google pun akan tahu pasti mana artikel hasil copy paste. Sebagai hukumannya google akan memberikan penalty terhadap blog yang suka copy paste artikel orang lain, biasanya blog copy paste akan mengalami penurunan ranking bahkan sampai blog tidak akan ditemukan di mesin telusur google, ini artinya google sudah menggangap sampah blog yang suka copy paste.

Tidak hanya itu, blog juga akan dilaporkan oleh blogger lain yang merasa artikelnya telah diduplikasi. Sehingga tanpa pemberitahuan pihak google, blog akan langsung dihapus secara permanen.

4. Blog dilaporkan DMCA

Salahsatu cara melindungi konten blog kita dari para plagiat atau tukang copy paste, yaitu dengan mendaftarkan blog di DMCA lalu memasang script yang diberikan di blog kita. Cara ini sangat ampuh. Ketika seseorang menduplikasi konten dari blog yang dilindungi DMCA, maka secara otomatis dengan sistemnya DMCA akan mengetahui siapa saja yang melakukan duplikasi konten dari blog yang dilindunginya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Image Missing Description dan Title

Lalu apa yang akan terjadi? Tidak sebatas untuk mengetahui siapa saja yang melakukan copy paste, tetapi DMCA akan langsung melaporkannya ke pihak Blogger, siapa saja yang telah melanggar kebijakan blogger. Kemudian blogger akan menghapus blog yang berkaitan. Maka berhati-hatilah, janganlah anda coba-coba untuk menduplikasi konten orang lain, lalu mempublikasikan kembali di blog sendiri.

Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blogger

Selain berdampak bagi blog sebagaimana saya jelaskan di atas, copy paste artikel juga mempunyai dampak buruk bagi blogger itu sendiri. Di bawah ini saya jelaskan beberapa dampak buruk dari copy paste artikel bagi para blogger.

1. Hilangnya kepercayaan dan penilaian buruk dari sesama blogger

Tentunya menjadi seorang blogger harus mempunyai jalinan sosial sesama blogger lainnya. Selain untuk tujuan silaturahmi sesama blogger, kita pun bisa sharing pengetahuan, pengalaman mengenai blogging. Menumbuhkan kepercayaan antar sesama blogger merupakan poin penting dalam dunia blogger, dan tentunya hal ini perlu disadari oleh setiap blogger. Blog tidak bisa bangun sendiri, kita butuh orang lain untuk membantu, memenuhi kekurangan kita.

Tapi bagaimana apabila kita ketehuan blogger lain sebagai blogger penekun copy paste artikel orang, seorang duplikator konten orang?.Tentunya kita akan kehilangan kepercayaan, tidak akan ada lagi yang mempercayai kita. Pastinya mereka menilai kita tidak bermanfaat lagi, karena hanyalah seorang penduplikat. Dan bukannya akan menjalin hubungan dekat, justru kita akan merasa malu dan dijauhi.

2. Menghambat kreativitas diri

Dalam membangun sebuah blog tidak hanya membutuhkan semangat dan kerja keras, tetapi juga kreativitas, ide dan pemikiran yang lebih. Dan itulah poin yang sebenarnya dibutuhkan oleh seorang blogger. Kita harus senantiasa melatih kretivitas kita untuk menghasilkan konten berkualitas, dan berusaha untuk menghindari copy paste artikel orang lain, yang dapat membuat daya pikir kita kurang terlatih.

Jadi bila sudah kecanduan copy artikel orang, akan sangat sulit ketika ingin membuat konten original dari pemikiran sendiri, karena sudah terbiasa mendapatkan yang instan.

3. Melakukan perbuatan yang mendatangkan dosa

Orang yang mempunyai kepercayaan terhadap tuhan, pastinya melibatkan agama dan tuhannya di setiap apa yang ia kerjakan. Tak terkecuali dalam menulis sebuah artikel, orang yang mempunyai keimanan dalam hatinya tidak akan berani copy paste artikel orang lain untuk memperkaya blognya, karena hal itu merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan tentunya dapat mendatangkan dosa.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Karena copy paste artikel sama halnya dengan maling, dan maling merupakan perbuatan yang dilarang oleh setiap agama di bumi ini. Maka hendaklah seorang blogger menjauhi copy paste artikel orang lain, kecuali dengan seizin pemiliknya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya copy paste artikel dari blog lain dan mempublikasikan ulang di blog kita bukanlah perbuatan yang baik. Terlalu sering menjiplak karya orang lain akan bedampak buruk bagi blog juga pemilik blognya, maka dari itu mulailah jadi orang yang kreatif, latihlah kreativitasmu sebagai seorang blogger sejati tanpa copy paste artikel hasil karya orang lain.

Terimakasih

Seorang hamba Allah yang dan orang biasa yang ingin menjadi orang luar biasa. Menekuni dunia komputer, blogger dan manajemen

3 komentar

Padahal konsep menulis itu simpel aja, yaitu jadikan sebagai hobi bagi yang memang suka menulis dan jadikan rutinitas jika memang ingin berbagi 😎 terserah mau seminggu sekali, 2 minggu sekali, sebulan sekali, kalo dah jadi hobi dan rutinitas, pasti jadi kebiasaan hehe...

Daripada copas puluhan artikel per minggu, mending nulis 1 artikel per bulan hehe... kalau lagi gak ada ide, gpp niru ide orang lain menurut saya, tinggal tulis ulang pakai kreativitas sendiri, jadi deh 👍 menurut saya sih begitu aja

Wah master Afif wajib dijadiin contoh nih... :) :)

Baru terjun ke dunia blogger gan. Apa bisa 1x sehari gan hehehe?

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon