Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu

Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu - Artikel atau konten merupakan hal yang paling utama pada suatu blog atau website. Artikel pada blog atau website juga merupakan konten yang berhak cipta, tak sembarang orang diperbolehkan menyalin atau mengcopy konten tersebut kecuali dengan izin dari penulis atau pemilik konten. Apalagi menyalin untuk dipost kembali pada blog atau website, itu merupakan hal yang tidak terpuji bahkan memalukan.

Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu
Memang kesel rasanya kalau ada orang yang main copy paste konten kita untuk dipost kembali, tanpa meminta izin terlebih dahulu atau menyertakan link sumber konten. Jadi menurut saya copy paste artikel orang lain untuk dipost kembali boleh-boleh saja asalkan meminta izin telebih dahulu dan menyertakan link sumber, juga jangan copy mentah mentah, sebaiknya kata-kata diubah dari aslinya, jangan 100% artikel langsung dicopy tanpa merubah cara dalam penyampaian.

Salah satu cara aggar artikel atau konten kita tidak bisa dicopy orang yaitu dengan menabahkan kode css atau javascript anti copy paste pada blog. Nah di sini saya akan memberikan kode css dan javascriptsupaya artikel kita tidak bisa seenaknya dicopy orang lain.

Tetapi bagaimana apabila ada bagian postingan tertentu yang diharuskan dicopy seperti kode script pada blockquote atau lainnya? Di sini juga saya akan memberikan kode script agar artikel tidak bisa dicopy kecuali pada bagian tertentu.


Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu

Langkah Pertama 
Masuk Blogger kemudian edit template

Langkah Kedua 
Silahkan letakan kode berikut sebelum ]]></b:skin> atau </style>

.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

Selesai sekarang kita tinggal menambahkan kode di bawah ini tepat di blockquote agar script di blockqoute, pre atau lainnya masih bisa dicopy
 
.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}
Dengan kode css di atas sekarang artikel anda tidak bisa lagi dicopy paste, kecuali pada bagian tertentu sepert kode script di dalam blockquote atau pre. Anda juga bisa menggunakan javascript untuk memprotek artikel dari copy paste. Untuk tutorialnya ikuti langkahh beriku

Langkah Pertama
Letakan kode berikut tepat di atas </body>

<script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Langkah Kedua
Selesai simpan template

Dengan salahsatu cara di atas sekarang artikel blog anda sudah tidak bisa dicopy paste lagi oleh para plagiat atau copaser kecuali pada baian tertentu seperti script pada pre atau blockquote. Walaupun masih ada cara menyalin artikel blog yang tidak bisa dicopy, tapi setidaknya kita telah berusaha.

Semoga tutorial Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu dapat bermanfaat bagi anda.

Seorang hamba Allah yang dan orang biasa yang ingin menjadi orang luar biasa. Menekuni dunia komputer, blogger dan manajemen

2 komentar

Wah makasih banyak untuk mas Riswan, sudah saya praktekan di blog saya berhasil, terima kasih banyak :D salam Bang Jarwo

Silahkan berkomentar yang baik, bijak dan relevan dengan konten, tidak boleh spam dan komen link aktif. Komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon